Lifestyle

Panduan untuk Mengajukan Pinjaman Rumah di Singapura

pinjaman rumah

Sebuah rumah terasa lebih manis ketika kepemilikan Anda dijamin. Karena alasan itulah semakin banyak orang Singapura yang mempertimbangkan untuk mengambil pinjaman rumah daripada menyewa properti tanpa batas. Mengambil pinjaman rumah berarti membayar uang muka atas sebuah properti dan kemudian membayar kembali jumlahnya kepada kreditor dengan bunga. Pembayaran kembali dilakukan selama jangka waktu yang disepakati oleh kreditur dan peminjam, dan properti dijamin sebagai jaminan. Dalam hal peminjam tidak dapat lagi melunasi pinjaman, kreditur akan mengganti kerugiannya dengan menjual rumah.

pinjaman rumah di singapura
Kredit foto: Shermin Ng | https://unsplash.com/photos/1PH2uwpYt1w

Mengajukan pinjaman perumahan mungkin tampak seperti tugas yang menakutkan. Bagaimanapun, prospek hutang begitu lama mungkin menakutkan bagi sebagian orang. Namun, setelah membaca panduan singkat ini, Anda mungkin akan lebih mudah menjalani prosesnya dan mengambil pinjaman rumah Anda sendiri. Berikut ini semua yang perlu Anda ketahui tentang manfaat mendapatkan pinjaman rumah, jenis pinjaman apa yang dapat Anda ambil, apakah Anda memiliki kelayakan pinjaman perumahan atau tidak, dan lainnya.

Mengapa Anda Harus Mempertimbangkan Mendapatkan Pinjaman Rumah?

Jika pengajuan pinjaman rumah Anda disetujui, Anda akan menerima beberapa keuntungan. Pertama, Anda akan memiliki atap yang dijamin di atas kepala Anda. Ini akan menghemat pengeluaran dan kesedihan Anda karena membayar sewa, karena menyewa rumah bukanlah pengaturan yang seaman memiliki pengaturan. Ini akan menjadi semakin penting bagi Anda saat keluarga Anda tumbuh lebih besar. Ini juga akan sangat melegakan seiring bertambahnya usia dan kesehatan serta keamanan finansial Anda tidak setajam sebelumnya.

Kedua, pinjaman rumah menyediakan pengaturan yang nyaman untuk melunasi rumah Anda sedikit demi sedikit. Sejauh ini, ini lebih baik daripada menabung selama bertahun-tahun — bahkan puluhan tahun — hanya untuk menjadi pemilik rumah.

Ketiga, menjadi bagian dari program pinjaman perumahan dengan Housing and Development Board (HDB) Singapura sendiri memiliki kelebihannya sendiri. Anda akan antre untuk tinggal di salah satu kawasan perumahan Singapura yang aman, dirancang dengan cermat, dan ramah lingkungan.

Anda akan merasa seperti di rumah sendiri, jika Anda menemukan program pinjaman yang tepat. Jangan ragu untuk memulai penelusuran itu sekarang.

Bagaimana Anda Menjadi Berhak untuk Pinjaman Rumah Singapura?

Kelayakan Anda untuk mendapatkan pinjaman perumahan di Singapura pada akhirnya akan bergantung pada program mana yang Anda pilih dan dari siapa Anda meminjam uang. Beberapa kriteria kelayakan yang paling umum meliputi:

● Anda harus memiliki status kependudukan di Singapura.
● Anda harus berusia minimum atau maksimum yang disyaratkan oleh program pinjaman perumahan kreditur.
● Anda harus memenuhi persyaratan pendapatan minimum atau menunjukkan kemampuan Anda untuk membayar cicilan bulanan (misalnya, jika Anda bekerja sendiri).
● Anda harus mampu memenuhi kuantum pinjaman, atau jumlah pokok uang yang dapat Anda pinjam untuk pinjaman rumah Anda.
● Anda harus setuju untuk mematuhi aturan pinjaman properti yang ditentukan oleh Monetary Authority of Singapore, serta oleh aturan internal yang ditetapkan oleh kreditor Anda.

Jika Anda memenuhi semua kriteria ini, kemungkinan besar Anda siap untuk memulai proses aplikasi!

Haruskah Anda Mendapatkan Pinjaman Rumah Suku Bunga Tetap atau Suku Bunga Variabel?

Saat Anda mengajukan pinjaman rumah, Anda akan memiliki pilihan antara pinjaman suku bunga tetap dan pinjaman rumah suku bunga variabel. Yang terakhir kadang-kadang disebut sebagai hipotek tarif yang dapat disesuaikan (ARM).

Sesuai dengan istilahnya, pinjaman rumah dengan suku bunga tetap mengharuskan Anda untuk membayar suku bunga tetap untuk beberapa tahun pertama pinjaman Anda. Ini mungkin tampak mahal pada awalnya, tetapi mendapatkan pinjaman rumah dengan suku bunga tetap berarti bahwa bunga Anda akan tetap sama bahkan ketika harga pasar berfluktuasi. Di sisi lain, pinjaman dengan suku bunga variabel terikat pada suku bunga referensi tertentu, misalnya kontribusi Central Provident Fund (CPF) Anda. Setiap kali tingkat referensi berubah, bunga yang Anda bayarkan juga berubah. Ini mungkin pengaturan yang lebih murah pada awalnya, tetapi Anda harus selalu mengkalibrasi ulang jumlahnya saat membayar bunga.

Apakah pinjaman rumah dengan suku bunga tetap merupakan pilihan yang lebih baik untuk Anda, atau haruskah Anda mendapatkan pinjaman rumah dengan suku bunga variabel? Ini sangat tergantung pada situasi Anda dan berapa banyak uang yang bersedia Anda sisihkan setiap bulan untuk amortisasi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang pinjaman suku bunga tetap dan suku bunga variabel, tanyakan kepada kreditur Anda untuk lebih jelasnya.

Bagaimana Anda Mulai Mengajukan Pinjaman Rumah di Singapura?

Jika Anda sekarang tertarik dengan proses pengajuan pinjaman rumah, prosesnya akan terlihat seperti ini.

● Anda perlu mencari tahu apakah Anda memenuhi syarat menurut standar kreditor Anda.
● Anda harus meminta lembar fakta pinjaman properti dari kreditur Anda. Ini adalah dokumen yang merinci persyaratan pinjaman, suku bunga, periode lock-in, jadwal pembayaran kembali, dan denda.
● Tentukan kriteria tambahan yang perlu Anda penuhi untuk program ini, misalnya, jika Anda akan membayar pinjaman perumahan dengan kontribusi CPF Anda.
● Jika Anda mengajukan pinjaman rumah dengan HDB, tulis surat Kelayakan Pinjaman (HLE) HDB. Anda harus menjawab kuesioner yang berkaitan dengan kelayakan Anda dan menyiapkan beberapa dokumen pendukung.
● Baca cetakan kecil pada setiap aplikasi pinjaman rumah sehingga harapan Anda sepenuhnya sejalan dengan kreditor.

Ini akan menjadi hari yang membahagiakan bagi Anda jika Anda mendapatkan persetujuan untuk pinjaman. Ketika aplikasi Anda disetujui, pastikan untuk menindaklanjuti rencana Anda untuk melunasinya.

Apakah Membiayai Kembali Pinjaman Rumah Anda Saat Ini Merupakan Pilihan?

Ya, ini juga bisa menjadi pilihan untuk membiayai kembali atau beralih dari program pinjaman rumah yang ada dengan yang baru. Anda mungkin dapat menemukan kreditur yang menawarkan tingkat bunga yang lebih menguntungkan dan pada akhirnya menghemat lebih banyak uang untuk paket pinjaman perumahan Anda.

Tanyakan kepada kreditur Anda saat ini dan calon kreditur Anda apakah pengaturan seperti itu memungkinkan. Jika Anda tidak berada dalam masa lock-in pinjaman dan tidak perlu membayar biaya penghentian yang tinggi, ini mungkin pilihan praktis di pihak Anda.

Beberapa Tips Terakhir dalam Mengambil Pinjaman Rumah di Singapura

Sebelum Anda menyadarinya, Anda mungkin lebih dekat menjadi pemilik rumah yang bangga di Singapura berkat pinjaman perumahan Anda. Setelah permohonan Anda disetujui, jangan lupa yang berikut:

  • Siapkan uang muka dengan Anda.
  • Buat salinan semua dokumen yang berkaitan dengan pinjaman. Buat jadwal dan ikuti semua persyaratan.
  • Berhati-hatilah dengan pembayaran bulanan Anda sehingga Anda dapat menghindari penalti dan membangun riwayat kredit yang baik.

Inilah kehidupan hunian yang makmur, aman, dan bahagia di Singapura, yang semuanya akan mungkin terjadi jika Anda menghormati pinjaman rumah Anda!

Source link

Leave a Reply