Eye Specialist Singapore Lifestyle work from home work-life balance

Cara Mencapai Keseimbangan Kehidupan-Kerja Saat Bekerja Dari Rumah

Kerja dari rumah

Memiliki jadwal yang fleksibel adalah salah satu fasilitas terbaik untuk bekerja dari jarak jauh. Namun, itu juga bisa sangat menantang, terutama ketika harus menciptakan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Balance Work-Life Ketika Bekerja Dari Rumah

Ini adalah sesuatu yang banyak ditemukan selama pandemi saat ini, seperti yang telah terjadi Kerja dari rumah. Sementara beberapa tampaknya berjalan dengan baik, yang lain mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan pengaturan baru.

Mereka terkadang menemukan diri mereka bekerja dengan jam tambahan dan melupakan prioritas lain di rumah. Yang lain menemukan diri mereka berjuang dengan gangguan ketika mereka mencoba untuk menyelesaikan tenggat waktu.

Ini semua karena mereka tidak memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang baik. Jika Anda melalui ini, Anda kemungkinan akan berakhir stres dan kelelahan dalam waktu singkat!

Tapi jangan kehilangan harapan! Masih ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencapai keseimbangan kerja-kehidupan yang positif.

Faktanya, kami di sini untuk memberi Anda beberapa di antaranya. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga produktivitas kerja dan mengatur kehidupan pribadi secara bersamaan.

1. Lakukan rutinitas pagi Anda yang biasa

Ketika bekerja dari rumah, beberapa orang cenderung langsung bekerja tepat setelah mereka bangun. Bukan ide yang bagus! Sepertinya Anda dapat menyelesaikan semuanya tepat waktu jika Anda memulai lebih awal tetapi tidak selalu berhasil seperti itu.

Melakukan rutinitas pagi Anda yang biasa dapat membantu Anda mempersiapkan diri secara mental untuk semua tugas yang harus diselesaikan sepanjang hari. Mandilah terlebih dahulu dan kenakan pakaian: Anda tidak harus mengenakan jas formal tetapi juga tidak perlu mengenakan pakaian tidur.

Kenakan pakaian yang biasanya Anda kenakan di luar rumah. Dengan cara ini, Anda dapat memiliki pola pikir kerja yang pasti.

Dianjurkan juga untuk sarapan sebelum memulai pekerjaan. Ini dapat membantu baik secara fisik maupun mental.

Pertama, aspek fisiknya. Kami sudah bicara dengan para spesialis di Ahli Gastroenterologi Singapura dan mereka mengatakan bahwa sarapan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk hari yang panjang di masa depan. Tanpanya, tubuh Anda bisa merasa “kehabisan tenaga” atau kehabisan bahan bakar bahkan sebelum Anda mulai bekerja.

Ahli gastroenterologi juga memberi tahu kami melewatkan makan pagi dapat menyebabkan potensi masalah pencernaan, stres kronis, dan masalah kesehatan lainnya. Itu sebabnya mereka sangat menyarankan makan sarapan sehat sebelum pergi bekerja.

Tambahkan ke ini efek mental dari sarapan yang layak. Sarapan yang baik dapat membuat Anda berada dalam suasana hati yang tepat untuk menangani pekerjaan Anda, selain juga berfungsi sebagai “sinyal” bagi otak bahwa Anda telah bangun, mengisi bahan bakar, dan siap untuk sisa hari itu.

2. Buat ruang kerja yang ditunjuk

Seperti yang disebutkan sebelumnya, gangguan tidak bisa dihindari ketika Anda bekerja dari rumah. Anda mungkin tergoda untuk menonton seri favorit Anda atau menyelesaikan tugas cucian daripada bekerja.

Itulah mengapa penting untuk membangun ruang terpisah di rumah tempat Anda dapat sepenuhnya fokus pada tugas pekerjaan Anda. Perlakukan itu seperti kantor, bahkan jika itu adalah area kecil – selama Anda dapat menghindari gangguan dan mendedikasikan waktu Anda untuk bekerja, maka itu baik-baik saja.

Juga, pastikan bahwa keluarga Anda dan anggota rumah tangga lainnya memahami pengaturan pekerjaan Anda dan menghormati ruang Anda. Dengan begitu, Anda dapat dengan bebas mengerjakan jadwal Anda tanpa rasa bersalah dan tanpa ada yang mengganggu Anda.

3. Tetapkan jadwal kerja

Mungkin agak sulit untuk mengatur jadwal tertentu, terutama ketika Anda memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dan prioritas di luar pekerjaan yang harus dipenuhi.

Tetapi tanpa jadwal inklusif, Anda dapat dengan mudah tersesat sepanjang hari. Jadi, Anda harus selalu mencoba membagikan periode waktu tertentu untuk setiap tugas.

Ini akan menjadi proses coba-coba karena semua orang memiliki tanggung jawab dan gaya hidup mereka sendiri. Mungkin Anda butuh waktu lama untuk menemukan pengaturan yang tepat, tetapi itu akan terjadi.

Anda dapat mulai dengan mendaftar semua tugas Anda dan mengidentifikasi mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Kemudian tentukan waktu untuk masing-masing sehingga Anda tahu kapan harus memulai dan berhenti.

Anda akan merasa hebat saat Anda mencoret setiap tugas dalam daftar Anda, membantu Anda mendapatkan kemajuan positif. Pikirkan rumah Anda sebagai lingkungan kerja yang nyata begitu jadwal Anda dimulai sehingga Anda tidak terlalu tergoda untuk menunda-nunda dan menjadi lebih produktif.

4. Beristirahat sejenak

Saat Anda menyusun jadwal, pastikan untuk menambah waktu istirahat makan siang atau waktu berolahraga. Jika Anda terus melakukan pekerjaan Anda tanpa makan apa pun atau beristirahat, Anda mungkin akhirnya menyerahkan proyek yang penuh kesalahan – atau lebih buruk lagi, dapat merusak kesehatan Anda.

Misalnya, menurut tim di Spesialis Mata Singapura, menghabiskan banyak waktu di depan desktop / laptop Anda dapat menyebabkan ketegangan mata atau bahkan masalah penglihatan jangka panjang. Tidaklah biasa menatap satu layar komputer selama itu!

Jadi, istirahat sejenak di antaranya, makanlah dengan benar, berjalan-jalan, dan lakukan beberapa latihan sederhana seperti peregangan 15 menit. Ini dapat membantu Anda memecah monoton dan menghindarkan Anda dari masalah medis di kemudian hari.

Ini akan membantu mengurangi stres dan tekanan dan mengangkat suasana hati Anda sehingga Anda dapat kembali bekerja dengan energi positif.

5. Beri diri Anda waktu untuk bersantai dan melepas lelah

Akhirnya, ingatlah bahwa tinggal di rumah, melakukan pekerjaan dan pekerjaan rumah tangga, merawat anak-anak, dan menjalankan tugas dapat menyebabkan Anda mengabaikan waktu pribadi yang harus Anda miliki untuk diri sendiri.

Jadi, penting untuk memasukkan perawatan diri dalam jadwal Anda.

Buat rencana dengan keluarga dan teman-teman Anda atau pergi ke kelas olahraga, yang mana saja yang membuat Anda bahagia dan merasa santai. Jadwalkan waktu relaksasi atau waktu luang sendirian jika Anda mau.

Lakukan untuk diri sendiri sehingga Anda dapat memiliki kesehatan mental yang lebih baik. Bagaimanapun, mencapai keseimbangan kehidupan kerja berarti tidak membiarkan tugas mengambil alih sepenuhnya – itu berarti memastikan mereka tidak kewalahan atau dibayangi oleh bagian lain dari hidup Anda.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *